Sedang Renovasi Rumah? 7 Tips Ini Dijamin Bikin Hemat Anggaran.

Kamsiaboss.com – Anda punya rumah atau apartemen? perihal rumahnya dalam bentuk besar atau kecil jangan abaikan sebuah perawatan atau maintenance.

Perawatan rumah harus rutin dilakukan demi kenyamanan, layak huni dan terawat. Melakukan revonasi dapat diartikan seperti merawatnya. Mendengar kata-kata renovasi mungkin dari Anda akan mengalami kepusingan khususnya pada permasalahan keuangan.

Terpintas di pikiran renovasi harus mengeluarkan dana yang cukup banyak, pemilik bangunan biasanya menginginkan pengeluaran biaya yang sehemat mungkin demi mendapatkan rumah tinggal yang berkualitas tinggi dan sesuai yang diharapkan.

Dalam suatu proyek biaya atau dana memegang peranan penting dalam pembangunan rumah. tips yang bisa Anda lakukan dalam perencanaan renovasi rumah adalah sebagai berikut.

1. Membuat Skala Prioritas

Langkah awal lakukan membuat skala prioritas terlebih dahulu. Apabila tujuan awal bikin satu ruang tamu, maka lakukan sesuai rencana. Apabila tidak, dana yang nanti akan dikeluarkan jadi membengkak. Sebab budget yang dimiliki minim.

2. Gunakan Bahan Bangunan “Bekas”

Dicek ulang bahan bangunan bekas yang kondisinya masih cukup bagus, Contoh peralatan sanitasi, genteng, jendela, dan sebagainya. Jika menemukan marmer bekas sebaiknya jangan dibuang karena pecahan marmer tersebut bisa memperindah bangunan atau interior rumah.

3. Rancang Hitungan Volume Harga Pengerjaan.

Langkah berikutnya menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus di kerjakan, supaya nilai bangunan dapat dipertanggung jawabkan secara optimal dan benar.

Cara penghitungan yang tepat adalah dengan menyusun semua faktor pekerjaan dimulai dari tahapan awal pembangunan sampai dengan tahapan penyelesaian pekerjaan.

Seperti pagar pengaman, mobilisasi, pembersihan lahan hinga demobilisasi. Selanjutnya pekerjaan sipil contoh dinding, rangka penutup atas, sloof, kolom, dan pembangunan pondasi.

Diteruskan di area pekerjaan finishing yang terdiri dari lantai, dinding, plafond dan penutup atas. Yang terakhir bagian pekerjaan instalasi mekanikal, elektrikan, dan pumbling yang terdiri dari jaringan listrik, telepon, tata suara, udara, air bersih, dan saluran air kotor. Pekerjaan halaman juga patut diperhitungkan seperti jalan setapak, halaman, dan taman.

4. Kalkulasi Budget Pengeluaran.

Selanjutnya hitung juga Rencana Anggaran Biaya (RAB) setiap item pekerjaan tersebut di atas biasanya dibuat berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan, misalnya komponen beton, cara penghitungannya dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3 @Rp/m3).

Komponen material lantai, dinding, dan plafond dilakukan dengan menghitung luasan area yang ada (m2) dikalikan dengan harga satuan per m2 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan bahan per m2 (@Rp/m2).

5. Undang Toko Bangunan Sebagai Rekanan

Bagian ini terbilang unik, Anda dapat mengajukan untuk bekerjasama dengan toko bangunan di dekat rumah. Penting Anda ketahui toko bangunan mempunyai target dari pihak penyuplai (distributor) untuk secepat mungkin menghabiskan stok di toko.

Berdasarkan hal ini dan pemahaman bahwa biaya renovasi rumah relatif besar, toko material menghabiskan stok dengan memberi kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka.

Tempo pembayaran biasanya dalam jangka pendek satu hingga tiga bulan dan syarat utamanya adalah dikenal baik oleh toko material bangunan tersebut. Dengan begitu, siapa tahu bisa mengajukan perpanjangan tempo pembayaran jika reputasi Anda bagus atau mencari toko bangunan lainnya.

6. Lebih Hati-Hati Saat Menunjuk Kontraktor

Apabila Anda berminat merenovasi rumah atau bangunan lain melalui jasa
kontraktor sebaiknya cari dengan teliti. Kontraktor yang benar-benar ahli, memiliki banyak pengalaman, jujur, dan profesional.

Hal ini diperuntukan agar tujuan Anda leluasa mengatur dana untuk pembelian bahan bangunan supaya hasil renovasi rumah sesuai impian keluarga.

7. Jangan Boros di Pengeluaran Lain

Perlu diketahui terkadang kita lupa dengan gaya hidup yang boros, sebab gaya hidup tersebut berkaitan dengan biaya. Semakin tinggi gaya hidup, maka semakin tinggi pula biaya yang diperlukan. berkumpulnya dengan seluruh anggota keluarga untuk merenovasi rumah sesuai dana yang dimiliki.

Masih Banyak Cara Lain untuk Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Semoga dengan tips yang telah disampaikan diatas diharapkan membantu solusi Anda memikirkan anggaran dalam renovasi rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *