Musim Hujan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Cara Alami

Kamsiaboss, Jasmine Pijat Murah di Jakarta. Musim Hujan yang panjang menimbulkan berbagai macam penyakit. Apalagi jika hujan menyebabkan banjir. Banyak dampak penyakit yang ditimbulkan. Selain Flu dan batuk, penyakit seperti diare, demam berdarah, leptospirosis juga mengancam kesehatan tubuh kita. Kekebalan tubuh terhadap penyakit lah yang harus dijaga saat musim hujan tiba. Dengan melakukan pola hidup sehat, daya tahan tubuh yang kuat adalah cara alami dalam menangkal ancaman penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus.

Timothy Mainardi MD, seorang ahli alergi dan imunologi di New York City mengatakan “Jika Anda mengurus diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat, sistem kekebalan tubuh juga akan mengurus dirinya sendiri”. Artinya menjaga pola hidup sehat baik pemilihan sumber makanan ataupun olahraga akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik dalam melawan penyakit.

Berikut pola hidup sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh


Mengkonsumsi Makanan Padat Nutrisi. Masih menurut Dr Mainardi cara yang paling penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan normal adalah cara kuno yang mungkin kita tak terlalu suka yaitu diet dan olahraga.Untuk itu pilhlah makanan yang beraneka ragam agar asupan gizi terpenuhi dan bisa membuat anda sehat dalam jangka panjang. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian ,juga protein rendah lemak membuat tubuh lebih tahan terhadak kuman penyakit baik bakteri maupun virus.


Lakukan Olahraga dengan teratur. Orang-orang yang bergaya hidup lebih aktif umumnya jarang terkena penyakit flu atau pilek maupun penyakit menular lainnya. Banyak cara agar kegiatan olahraga lebih menyenangkan dengan cara mengajak teman anda untuk berolahraga bersama.


Usahakan Tidur yang cukup. Tidur merupakan ritual wajib. Tak hanya wajib, kualitas serta lamanya tidur sangat berperna dalam menjaga kekebalan tubuh Anda. Kualitas tidur yang baik serta cukupnya waktu tidur memberikan dampak baik terhadap kesehatan. Bahkan ada hubungan erat antara kurang tidur dengan timbulnya berbagai penyakit. Sebagai contoh orang yang bekerja 100 jam seminggu atau lebih beresiko tinggi tidak hanya terkena penyakit menular tetapi juga beresiko mengaktifkan kembali penyakit masa lalu. Reaksi ini terjadi ketika virus lama bangun kembali dan terkadang menyebabkan penyakit yang lebih parah. Contohnya reaksi cacar air dan herpes zoster


Menggunakan Hand Sanitizer. Hand Sanitizer sangat membantu apabila anda sedang melakukan aktifitas diluar rumah atau jauh dari toilet yang membuat anda tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air. Beberapa rumah sakit bahkan menyediakan hand sanitizer selain sabun dan air. Cobalah untuk membawanya setiap anda bepergian.

Mencuci Tangan dengan sabun dan air. Mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktifitas seprti makan, ke toilet , ataupun yang berhubungan dengan kontak fisik bisa mencegah penularan penyakit. Namun terkadang hal sepele ini seringkali kita lupakan. FDA belum lama ini mengumumkan bahwa mencuci tangan denag sabun dan air sudah cukup membersihkan/menyingkirkan kuman. Sabun antibakteri tidak begitu diperlukan bahlan tidak baik untuk penggunaan jangka panjang.


Mengkonsumsi Probiotik. Probiotik dipercaya mampu melindungi tubuh dari kondisi peradangan tertentu. Bakteri dalam usus dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan  infeksi. Banyak makanan maupun minuman yang mengandung probiotik antara lain kimchi, kombucha, tempe, dan yoghurt. Mengkonsumsi suplemen tidak banyak berperan dalam kekebalan tubuh. Karena secara umum orang dengan asupan gisi yang baik dan tidak berpenyakit, mereka tidak memerlukan suplemen. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagian besar  sebenarnya sudah kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Tapi jika diperlukan mengkonsumsi vitamin, sebaiknya untuk tidak memilih suplemen vitamin A, D, E dan K. Karena akan berbahaya bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Perbanyak Minum air mineral. Mengkonsumsi air mineral yang cukup membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Air mineral atau air putih sangat penting untuk tubuh kita. Untuk itu disarankan agar minum paling tidak 2 liter per hari air mineral.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *