Kiat Ngopi Aman untuk Penderita Maag

Kamsiaboss, Pijat Panggilan di Jakarta. Maag sendiri adalah keadaan dimana adanya luka pada dinding lambung yang menyebabkan perut terasa perih, mual , dan terasa penuh karena tingginya kadar asam dalam lambung. Pasien penderita maag biasanya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung tingkat keasaman tinggi seperti kopi,  karena dikhawatirkan akan memperparah keadaan pasien penderita maag.

Kopi sudah menjadi gaya hidup kaum meillenial dan dipercaya sebagai minuman yang mampu memberikan efek semangat, rileks, dan membuat penggemarnya merasakan kenikmatan tersendiri saat meminumnya. Bahkan kopi menjadi kebutuhan mutlak bagi beberapa pencintanya. Ada yang merasa lemas saat tubuhnya belum terkena kopi. Ya benar, ini adalah efek kafein dari kopi yang mampu memberi stimulan sehingga tubuh terasa bersemangat setelah minum kopi. Tapi beberapa orang yakin kandungan kafein dari kopi juga bisa mengakibatkan produksi asam dalam lambung menjadi tinggi, sehingga menyebabkan perut terasa perih setelah meminumnya.

Untuk tetap bisa menikmati kopi, para ahli menyarankan penderita maag untuk memilih kopi non kafein. Jika Anda sangat menggemari kopi tapi khawatir dengan maag yang anda derita, berikut cara aman agar Anda tetap bisa menikmatinya:

– Hindari minum kopi saat oerut kosong. Untuk penderita maag sangat tidak dianjurkan untuk meminum kopi saat perut dalam keadaan kosong. Makanlah terlebih dahulu. Tidak perlu makanan berat, sepotong roti pun tak masalah untuk menghindari perut perih setelah minum kopi

– Pilih kopi yang tingkat keasamannya rendah. Sekarang banyak kopi yang dijual yang memiliki tingkat keasaman yang rendah, kopi sumatera contohnya. Penderita maag bisa menjadikan kopi sumatera sebagai pilihan dalam me-ngopi. Sehingga akan lebih aman pada lambung Anda. Bagi penderita maag yang ingin menikmati kopi baik diminum saat pagi maupun siang hari bisa menjadikan kopi arabika pilihan anda karena arabika diketahui aman untuk maag.

– Jangan Berlebihan. Batasi jumlah kopi yang anda konsumsi. Batas yang pas  untuk mengkonsumsi kafein adalah sekitar 100-200 mg atau satu sampai dengan dua gelas per hari. Sangat tidak dianjurkan meminum kopi hingga tiga gelas dalam sehari karena dianggap berlebihan dan berbahaya untuk tubuh anda. Meskipun toleransi terhadap kafein untuk tiap individu bisa berbeda.

Jadi bagi anda penderita maag yang gemar minum kopi, bisa lebih aman minum kopi tanpa takut lambung perih dengan mengikuti aturan minum yang disarankan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *