Diet Karbo Efektif Turunkan Berat Badan

Kamsiaboss, Pijat Panggilan Jakarta. Pengertian Diet Karbo sendiri adalah memilih asupan karbohidrat  (menghindari makanan berkarbohidrat tinggi) atau bahkan mengganti makanan pokok seperti nasi  putih dengan makanan lain yang kadar karbohidratnya jauh lebih rendah.

Perkenalkan saya penulis artikel ini panggil saja Jasmine. Saya wanita usia 30 tahun yang sebelum mempunyai anak bobot saya tak pernah jauh dari 40-42 kilogram.Tapi setelah melahirkan anak pertama berat badan saya naik hingga 59 kg pasca melahirkan.Dan sampai saya memutuskan untuk melakukan diet karbo, bobot saya waktu itu masih 53 kg dan tak pernah turun dari angka tersebut. Berat badan 53 kg bagi saya sudah merasa bahkan terlihat sangat gendut karena tinggi saya hanya 152 cm. Untuk itu saya melakukan diet karbo. Disini saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya tentang diet karbo.


Langkah pertama yang saya ambil adalah dengan mengurangi porsi makan nasi. Sangat susah memang, mengingat nasi merupakan makanan pokok sehari-hari apalagi kita orang indonesia. Tapi demi mendapatkan ukuran badan saya seperti saat gadis, saya mantap menjalankannya. Hari pertama terasa begitu lemas. Tubuh terasa kurang bertenaga.Bahkan saya sempat merasa ngiler saat suami saya makan pecel ayam dengan sepiring nasi hangat. OMG… apa saya makan saja ya hari ini, dietnya mulai besok saja (pikir saya dalam hati). Tapi secepat kilat pikirian itu saya tendang tatkala saya ingat baju-baju di lemari yang mendadak mengecil. Hari pertama diet dilalui dengan penuh perjuangan yang berat (berat melawan nafsu makan nasi putih).

Hari berikutnya saya mulai mengatur pola makan saya,dimana saya mulai mengganti nasi dengan kentang.Pagi hari saya sarapan dengan segelas jus wortel dicampur tomat tanpa gula dan 2 buah kentang rabus.Sarapan ini benar-benar membuat perut kenyang dan tentunya ada asupan sumber energi untuk beraktifitas.Siang hari saya masih makan kentang rebus 2 buah ditambah ayam bakar,tahu dan ditutup dengan buah pisang.sekali lagi saya merasakan kenyang yang menurut saya kenyangnya hampir dengan kenyang makan nasi.Justru Gangguan lapar begitu terasa saat malam hari.saya memilih untuk makan 1 buah pisang,10 butir kacang almond diakhiri dengan susu rendah lemak. Oh God luar biasa saya bisa melalui satu hari tanpa nasi tetapi masih tetap berenergi dan bisa beraktifitas seperti biasanya.

Hari-hari selanjutnya saya mencoba mengganti kentang dengan telur rebus (makan putih telurny saja) sebanyak 2 buah dan semangkuk salad buah maupun sayur untuk sarapan.Putih telur memang mampu mengenyangkan dan merupakan sumber protein yang bagus untuk tubuh.Protein inilah yang diubah tubuh menjadi tenaga.Sedangkan salad sayur dan buah sebagai sumber vitamin alami.


Selama satu bulan pertama saya menjalani diet karbo ini,efek yang saya rasakan adalah berat badan turun menjadi 47 kilogram dari 53 kilogram.Semua teman memuji kalau badan saya dan yang paling menojol adalah pipi tembem saya yang berangsur kempes hehe (lebih tirus). Senang sekali rasanya celana dan baju yang dahulu mendadak kecil di lemari (efek badan gendut berpikir kalau baju lah yang mengecil) kini bisa saya pakai kembali.

Diet ini saya lakukan selama setahun.Hasilnya lebih dari yang saya bayangkan.Saya tidak hanya mencapai bobot ideal saya (sekarang 43 kg), gangguan perut yang sering saya alami seperti maag terasa hilang begitu saja.saya jarang mendapat gangguan sakit perut ataupun maag lagi.Diet karbo juga membuat badan terasa ringan,sehat dan segar.Oh ya saya juga memasukan daftar teh hijau dan madu ke dalam minuman diet saya.Setiap hari 2 gelas teh hijau saya campur madu murni selalu saya minum setiap pagi dan sore hari.Ini merupakan antiokasidan alami yang saya yakin tidak hanya tubuh yang terasa tahan terhadap penyakit,tetapi juga kulit terasa lebih segar.

Yang terpenting dalam diet karbo ini adalah bagaimana kita bisa memilih dan menghindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi putih,mie instant,minuman syrup yang banyak mengandung gula/pemanis buatan, minuman bersoda,dan rutin berolahraga.Ganti makanan tinggi karbohidrat dengan makanan yang kaya protein sebagai sumber energi.Lakukan step by step.Jangan langsung tidak makan nasi,karena tubuh khususnya perut tentu akan kaget menerima perubahan pola makan yang kita lakukan.

Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah terlebih dahulu.Setelah tubuh mulai menerima atau terbiasa tanpa nasi putih, Anda bisa mulai mengatur dan memilih sumber energi lain pengganti nasi seperti  roti gandum utuh, oatmeal, kentang rebus, telur rebus, daging dada ayam rebus, atau daging merah panggang.Sayuran dan buah wajib anda masukkan dalam menu harian diet Anda.

Dan bagi anda yang khawatir karena mempunyai maag kronis, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi sebelum melakukan diet.Karena yang namanya diet, pasti akan ada namanya gangguan yang mengikuti. Gangguan yang saya alami adalah gangguang menstruasi.Saat melakukan diet, saya sempat telat datang bulan selama tiga bulan.Saya pikir saya hamil ternyata tidak.Saat cek up ke dokter dan melakukan USG, tidak ada masalah dengan tubuh saya.Telat mens disebabkan karena diet yang saya jalani yang menyebabkan gangguan hormon (faktor hormonal).

Begitulah pengalaman Diet yang bisa saya share disini.semoga pengalaman diet saya bermanfaat bagi teman-teman yang berencana untuk melakukan diet.Diet ini cocok untuk pria maupun wanita.Ingat,Diet bukan berarti stop makan, akan tetapi tetap makan dengan aturan waktu dan pola makan yang benar, serta pilihan makanan yang lebih tepat dan sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *