7 Bahaya komedo apabila tidak dibersihkan

KamsiaBoss, Pijat Panggilan Murah Jakarta – Komedo adalah pori- pori yang tersumbat bisa terbuka maupun tertutup. Komedo yang terbuka ( blackhead ) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo tertutup ( whitehead ) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit (wikipedia).

Komedo terbuka paling sering dialami kebanyakan orang. Blackhead disebabkan karena adanya pembesaran pori pori yang terbuka ke permukaan kulit dan kelenjar minyak, kemudian teroksidasi oleh udara dan kotoran dan berubah menjadi hitam/ coklat.
Sedangkan whitehead terjadi karena minyak dan bakteri terperangkap dibawah permukaan kulit dan mengeras menjadi tonjolan kecil dan berwarna putih. Komedo jenis ini memungkinkan timbulnya jerawat yang membandel.

Pembersihan komedo bisa dilakukan dengan pengelupasan kulit wajah secara berkala. Pengelupasan bisa melalui proses facial dengan menggunakan krim peeling yang kemudian dilanjutkan dengan mengekstrasi komedo menggunakan alat.

Apa saja bahayanya apabila komedo tidak dibersihkan?

Berikut 7 masalah kulit yang timbul apabila komedo dibiarkan :

  1.  Kulit wajah menjadi lebih kasar
  2. Perubahan warna kulit wajah. Warna kulit wajah akan terlihat tidak rata. Hal ini dikarenakan komedo yang menumpuk akan membentuk lapisan warna kulit yang lebih gelap dan terlihat kotor.
  3. Pori- pori wajah terlihat membesar. Pori- pori wajah yang besar membuat wajah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.
  4. Timbul jerawat yang sulit hilang atau kempes. Timbunan komedo khususnya komedo putih bisa menyebabkan timbul jerawat pada wajah. Jerawat yang disebabkan oleh komedo putih yang tidak dibersihkan lebih sulit hilang atau kempes dibanding jerawat biasa.
  5. Sulit mengaplikasikan make up dengan sempurna. Bagi kaum hawa, menggunakan makeup merupakan kebutuhan sehari-hari. Tapi sayangnya memiliki komedo pada wajah,akan membuat makeup Anda susah diaplikasikan. Pemakaian bedak pada wajah berkomedo, membuat bedak susah menempel pada kulit wajah.
  6. Wajah seperti banyak lubang / bopeng.
  7. Kurangnya kepercayaan diri. Wajah yang dipenuhi komedo tentu akan membuat Anda merasa kurang percaya diri saat Anda harus bertatapan muka dengan orang lain secara dekat. Apalagi anda yang berprofesi didunia entertain, tentu wajah yang bersih menjadi modal yang membuat Anda lebih percaya diri.
Bagaimana agar terhindar dari komedo?

Berikut 7 cara mencegah timbulnya komedo:

  1. Rajin membersihkan wajah, terutama setelah beraktifitas dari luar ruangan.
  2. Untuk kaum wanita, membersihkan sisa make up sebelum tidur menjadi kegiatan wajib agar terhindar daei timbulnya komedo.
  3. Memakai krim suncare untum melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari. Keadaan lingkungan yang panas menyebabkan kelenjar minyak berproduksi ekstra dan membuat pori-pori wajah terbuka. Keadaan ini sangat berpotensi dalam pembentukan komedo.
  4. Hindari menyentuh wajah saat berkeringat dan tangan tidak dalam keadaan bersih.
  5. Hindari penggunaan krim wajah yang padat dan bersifat menyumbat pori- pori seperti bedak padat dan foundation.
  6. Kurangi makanan yang bisa menyebabkan produksi kelenjar minyak pada wajah. Misalnya gorengan, kacang tanah, dan makanan tinggi lemak.
  7. Rutin melakukan facial. Facial bisa dilakukan di rumah maupun di salon.

Rajin membersihkan kulit wajah serta rutin melakukan facial, menjadi syarat utama kulit wajah Anda terbebas dari masalah komedo.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *