10 Manfaat Terapi Ear Candle dan Cara Kerjanya

Kamsiaboss, Pijat Panggilan di Jakarta. Ear dalam bahasa indonesia artinya telinga atau pendengaran dan candle artinya lilin.
Ear Candle adalah metode terapi melalui perubahan tekanan panas dengan menggunakan lilin yang dibakar pada daerah kepala khususnya telinga  bertujuan untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Metode ear candle sampai saat ini digunakan sebagai alternatif terapi.
Dengan kata lain, terapi ear candle berfungsi sebagai alat vakum cleaner untuk mengangkat dan mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.

Lalu, bagaimana sistem ear candle bekerja ?

Rasa hangat yang dihasilkan dari pembakaran lilin secara tidak langsung akan merangsang titik akupuntur pada telinga. Hal ini memungkinkan kotoran terangkat keluar karena adanya perbedaan suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran lilin.
Berikut cara kerja ear candle dalam membersihkan lubang telinga

  • lilin yang dibakar, akan menghasilkan asap. Asao tersebut akan masuk ke dalam rongga telinga
  • setelah asap masuk ke dalam rongga telinga, asap akan mencari jalan untuk keluar melalui batang ear candle
  • aliran udara (asap)  yang disertai adanya tekanan mampu mengangkat dan mengluarkan kotoran dari rongga telinga
  • dan akhirnya kotoran pun akan keluar bersama asap pembakaran melaui lubang batang ear candleSangat tidak disarankan bagi siapapun melakukannya dirumah sendirian. Melakukan terapi ear candle harus disertai assiten maupun terapis yang mengerti dalam hal terapi ear candle

Seberapa pentingnya terapi ear candle?
Ya penting untuk melakukan terapi ear candle. Karena kotoran telinga yang terjebak di dalam apabila tidak dikeluarkan, akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya selain berkurangnya daya tangkap pendengaran. Penyumbatan kotoran dalam telinga bisa menyebabkan gejala insomnia,sinusitis , tinnitus ( telinga berdengung) , migrain, vertigo, dan radang selaput lendir.

Adapun manfaat terapi ear candle antara lain :

  1. Sebagai alat penyedot kotoran yang menempel pada rongga telinga
  2. Mencegah gangguan infeksi pada saluran THT ( telinga, hidung, tenggorokan )
  3. Menghindari gejala tinnitus ( telinga berdengung
  4. Mencegah timbulnya gejala sinusitis
  5. Menghindari gangguan migrain dan vertigo karena terhambat peredaran darah dan oksigen dalam telinga. Ear candle membantu memperlancar sehingga migrain maupun gejala vertigo bisa dihindari
  6. Mencegah sakit kepala yang diakibatkan oleh migrain dan vertigo
  7. Mencegah gejala susah tidur ( insomnia)
  8. Membuat rileks atau perasaan tenang saat melakukan ear candle. Hal ini karena aroma terapi yang dikeluarkan dari asap pembakaran lilin
  9. Mengurangi rasa nyeri pada rongga sinus
  10. Membantu proses penyembuhan pada telinga yang terinfeksi dimana telinga mengeluarkan nanah yang kental dan berbau dari telinga bagian tengah

Setelah melakukan ear candle, ada beberapa pantangan yang harus dihindari setelab melakukan ear candle. Hal ini untuk menghindari berbagai kemungkinan pasca terapi.

Adapun pantangan yang harus dihindari adalah

  • selesai melakukan terapi ear candle, hindari telinga dari tiupan angin kencang terutama saat  berkendara motor
  • menunda aktifitas yang memungkinkan bagian kepala termasuk telinga terendam air, misalnya saja berendam dan berenang
  • mencegah telinga kemasukan air pada saat mandi. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan shower cup saat mandi

Banyaknya manfaat dari ear candle membuat banyak orang mulai melirik jenis terapi ini. Terapi ear candle sangat mudah ditemui baik di salon-salon kecantikan maupun ditempat spa dan pengobatan alternatif. Harga yang ditawarkan juga terbilang sangat murah dan terjangkau. Tidak diketahui aturan berapa kali harus melakukan ear candle setiap bulannya atau tahunnya. Pastinya terapi ear candle dilakukan saat pendengaran mulai berkurang fungsinya karena kotoran yang tak mampu keluar dengan sendirinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *